digital marketing yang efektif Wivi Digital oleh Sevi Alfiani

Digital Marketing yang Efektif

Dengan hadirnya teknologi yang semakin canggih dan internet yang tersebar luas, hal ini memberikan dampak yang sangat berpengaruh untuk kehidupan manusia. Salah satunya di bidang bisnis. Sebagai seorang pebisnis pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan strategi pemasaran saat ini. Karena, sekarang sudah banyak orang yang menggunakan strategi pemasaran dengan cara digital. Untuk mengetahui apa saja strategi yang dilakukan dan bagaimana cara melakukan marketing yang efektif simak penjelasan artikel berikut ini.

7 Strategi Digital Marketing yang Efektif

7 Strategi Digital Marketing yang Efektif

Bagaimana cara marketing yang efektif? Dalam dunia perbisnisan sudah pasti akan memerlukan yang namanya marketing. Sebenarnya apasih marketing itu? Jadi marketing adalah kegiatan untuk mempromosikan barang atau jasa kepada konsumen. Karena inilah marketing menjadi salah satu kegiatan yang yang sangat penting dalam dunia bisnis. Jadi, strategi apa yang paling efektif dalam penggunaan digital marketing? Berikut strategi digital marketing yang efektif untuk meningkatkan omset:

1. Pilih Jenis Media yang Sesuai 

Sebelum melakukan digital marketing, pastikan kamu sudah menentukan dan mengenali target pasar yang akan dituju. Saat kamu sudah paham dengan karakteristik dari target pasar tersebut, maka kamu bisa menentukan jenis media apa yang sesuai dengan mereka. 

2. Aktif Memberikan Informasi atau Konten 

Buatlah konten informatif, dengan cara yang menarik sehingga kamu bisa lebih menarik perhatian banyak orang. Pastikan konten yang akan ditampilkan sesuai dengan bisnismu. Ketika kamu konsisten dan aktif dalam memberikan konten, tentu saja hal ini akan memberikan pengaruh terhadap tingkat awareness bisnismu. Akan lebih banyak lagi pengguna yang dapat dijangkau. Jadi, hal ini akan memperbesar peluang dalam bisnismu untuk dikenal lebih banyak orang di seluruh penjuru negeri. 

3. Perhatikan Perkembangan Tren 

Perhatikan dan pertimbangkan tren yang ada akan sesuai dengan bisnis yang dijalankan atau tidak. Contohnya, belakangan ini sedang ramai dengan penggunaan fitur live streaming untuk mempromosikan produk atau jasa kepada target pasar. Jadi, pastikan ini menjadi peluang baru untuk kamu dalam memperluas bisnis dan jangkauan target pasar, tapi jangan lupa untuk perhatikan juga jasa atau produk apa yang akan kamu tawarkan. Di samping itu, penggunaan hastag atau keyword yang sesuai dengan konten juga dapat memaksimalkan digital marketing yang kamu lakukan. 

4. Menggunakan Iklan 

Di era seperti saat ini jasa pengiklanan tidak hanya dengan TV atau radio saja, tetapi sudah banyak pilihan lain di media digital seperti Google Ads, Instagram Ads, TikTok Ads, Website Ads, dan masih banyak lagi. 

5. Search Engine Optimization 

Penggunaan teknik ini akan membantu bisnis kamu supaya muncul di urutan awal saat pengguna internet melakukan pencarian melalui mesin pencari (search engine). Sudah pasti kamu harus memiliki situs online, blog, atau toko online untuk memunculkan bisnismu ini di internet. Di saat situs online bisnismu muncul di urutan awal saat pengguna internet mengetikkan keyword tertentu, maka bisnis kamu akan lebih diketahui banyak orang daripada dengan posisi ketika situs online-mu berada di urutan jauh di bawah.

6. Email Marketing

Strategi pemasaran digital jenis ini sudah pasti menggunakan email sebagai media promosi suatu perusahaan. Biasanya dari pihak pemasar akan mengirim email kepada semua calon konsumen maupun konsumen langganan. Hal ini bertujuan untuk menawarkan produk agar mendapatkan konsumen yang baru, memberikan update tentang produk terbaru serta menjalin hubungan dengan pelanggan.

7. Personalisasi dan Retargeting

Kedua hal ini merupakan aspek kunci dari strategi digital marketing yang memegang peran penting dalam mencari potensial pelanggan. Personalisasi adalah kunci untuk memahami dan merespons setiap kebutuhan dari pelanggan. Retargeting juga memiliki peran penting dalam pengoptimalan hasil pemasaran digital, terutama pada pelanggan yang sudah pernah berinteraksi dengan bisnis kamu sebelumnya. Dengan retargeting, kemungkinan akan meningkatkan konversi.

Contoh Strategi Pemasaran Digital

Supaya bisa memilih contoh strategi pemasaran yang efektif, suatu perusahaan dianjurkan untuk melihat aspek yang paling penting untuk menunjang bisnisnya. Berikut contoh strategi pemasaran yang dapat dilakukan oleh bisnismu:

1. Iklan Berbayar

Untuk contoh strategi marketing pertama ada iklan berbayar. Apabila menggunakan iklan berbayar, suatu perusahaan akan membayar penyedia ruang iklannya. Hal ini dilakukan agar dapat menampilkan produknya di ruang yang sudah dibayarkan tersebut. Iklan berbayar ini terdiri dari, banner atau display, pay-per-click (PPC), dan juga pay-per-impression atau PPI.

2. Pemasaran Transaksional

Salah satu tantangan besar yang pasti akan dihadapi oleh suatu perusahaan adalah memenuhi target dari penjualan. Jadi, suatu perusahaan harus mencoba menggunakan strategi pemasaran ini. Hal ini dilakukan untuk menarik konsumen dengan hal-hal yang menarik. Contohnya menggunakan diskon, dan yang lainnya.

3. Pemasaran Media Sosial

Media sosial merupakan salah satu hal yang memiliki pengaruh sangat besar di dalam kehidupan. Sekarang, bahkan media sosial sudah menjadi kehidupan kedua bagi masyarakat. Oleh sebab itu, contoh strategi pemasaran dengan menggunakan media sosial adalah hal yang sangat menguntungkan. Pemasaran dengan cara ini  juga terbilang mudah dilakukan. Tidak hanya mendapat target lebih banyak, tetapi juga akan hemat biaya. Contohnya seperti penggunaan Twitter, Instagram, Facebook dan lain sebagainya.

4. Pemasaran Konten

Saat ini, konten menjadi daya tarik oleh banyak pengguna media sosial. Marketing yang dilakukan melalui konten dapat diterapkan di semua perusahaan. Baik itu perusahaan kecil maupun perusahaan yang besar. Dalam penggunaan strategi pemasaran ini, perusahaan harus bisa membuat konten yang menarik. Tentu saja tujuannya supaya bisa menarik minat para konsumen.

5. SEO atau Search Engine Optimization

SEO merupakan sebuah proses dari sebuah situs untuk mendapatkan traffic. Traffic itu dihasilkan dari editorial, pencarian organik maupun pencarian bebas pada sebuah mesin pencari. Strategi ini akan melibatkan pemasaran suatu konten. Konten yang sudah memenuhi standar SEO akan menempati posisi paling atas dalam mesin pencarian. Apabila konten yang sudah dibuat mengalami kenaikan dengan pesat, maka perusahaan akan mendapat traffic yang tinggi juga. Jadi, hal ini akan meningkatkan brand awareness.

4 Teknik Digital Marketing Apakah yang Cocok untuk Meningkatkan Awareness?

4 Teknik Digital Marketing Apakah yang Cocok untuk Meningkatkan Awareness

Membangun atau meningkatkan brand awareness yang terbaik menjadi hal wajib untuk dilakukan oleh sebuah perusahaan. Berikut bisa kamu lakukan untuk meningkatkan brand awareness perusahaanmu:

1. Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial

Di era digital ini, media sosial adalah platform yang paling banyak digunakan untuk berbagai hal. Kamu dapat mengunggah sebuah konten baik foto, audio, hingga video dalam media sosial yang berhubungan dengan jenis bisnismu.

2. Memaksimalkan Penggunaan Website

Kamu bisa mengunggah sebuah konten seperti artikel, video, atau bahkan podcast ke website. Pastikan jika semua informasi mengenai bisnis kamu dapat tersedia di dalam website tersebut, mulai dari informasi mengenai produk atau jasa yang disediakan hingga informasi mengenai kontak yang bisa dihubungi jika ada pertanyaan.

3. Menerapkan SEO

Search Engine Optimization, adalah strategi pemasaran digital yang paling efektif untuk meningkatkan brand awareness. Melalui SEO yang baik dan sesuai sasaran, website atau bahkan media sosial kamu dapat muncul di peringkat paling atas. Hal inilah yang menjadikan brand awareness kamu akan meningkat.

4. Menerapkan Content Marketing

Content marketing merupakan strategi pemasaran digital dalam membuat dan menyebarkan konten yang sesuai dan konsisten untuk menarik perhatian dari audiens yang dituju. Pastikan kamu memuat informasi mengenai brand kamu ke dalam konten yang akan dibuat dan disebarkan.

Kesimpulan 

Fungsi digital marketing adalah untuk meningkatkan penjualan dalam sebuah perusahaan agar mencapai target. Jadi, strategi digital marketing yang efektif sangat penting untuk kamu ketahui. Berbekal dari pengetahuan di atas, kamu tidak akan kesulitan dalam mencari strategi yang efektif untuk memaksimalkan bisnismu. Masih bingung atau kamu butuh bantuan untuk meningkatkan strategi digital marketing dalam bisnis kamu? Wivi Digital sebagai digital marketing agency dapat membantu kamu dalam masalah yang kamu alami. Jadi tunggu apalagi konsultasikan saja bersama Wivi Digital.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top