Apakah kamu sering mendengar istilah digital advertising? Yaps, pasti di sebagian besar orang yang terjun ke dunia bisnis tidak asing lagi dengan yang namanya digital advertising. Lalu, apakah yang dimaksud dengan digital advertising? Apa saja contoh dari advertising? Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, yuk langsung simak informasi di bawah ini
Apa yang Dimaksud dengan Advertising?
Kamu belum tahu apa itu advertising? Nah, jadi advertising sendiri adalah salah satu alat yang digunakan untuk promosi suatu produk ataupun jasa. Biasanya advertising ini digunakan untuk mengarahkan antara komunikasi persuasif pada pembeli sasaran dan masyarakat dengan bentuk penyajian iklan yang bersifat non-personal. Untuk platform media sosial yang sering digunakan dalam digital advertising adalah Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn.
Menurut para ahli terutama Heidrick & Struggles (2009) mengatakan bahwa, digital advertising menggunakan perkembangan teknologi dan dunia digital untuk melakukan promosi yang tidak ditunjukkan secara langsung, tetapi tetap memiliki efek yang sangat berpengaruh untuk dunia pemasaran.
Pasti sebagian orang sudah berpikir jika digital marketing dan digital advertising keduanya sama. Eitss… tapi jangan salah paham dulu ya, ternyata digital marketing dan digital advertising memiliki perbedaan loh. Jadi, dengan kata praktisnya digital advertising adalah bagian dari digital marketing. Di mana digital marketing adalah proses pemasaran suatu produk atau jasa sedangkan digital advertising melakukan promosi dengan cara mengiklankan produk atau jasa tersebut.
Jenis-Jenis Digital Advertising
Digital advertising adalah salah satu cara yang dapat menghemat anggaran, serta dapat mengenali target konsumen dengan baik. Ternyata ada beragam jenis iklan digital yang dapat kamu gunakan. Jadi, apa saja jenis dari digital advertising? Berikut contoh dari jenis digital advertising:
1. Paid Search Advertising
Paid search akan menampilkan iklan di dalam halaman hasil pencarian (SERP). Halaman ini akan ditandai dengan label ‘Ad’ atau ‘Iklan’ dan biasanya iklan jenis ini akan berada di bagian paling atas halaman pencarian sesuai dengan keyword yang dicari.
2. Native Advertising
Tahukah kamu jika Native advertising sering disebut dengan iklan yang lebih bersahabat dalam konten website loh. Native advertising sendiri biayanya dapat disesuaikan dengan tampilan dan fungsi platform dimana iklan ditampilkan.
3. Display Advertising
Tipe jenis iklan ini akan melibatkan penggunaan terhadap gambar, teks, video, audio, ataupun banner ads. Tahukah kamu jika iklan ini akan ditampilkan pada area khusus di platform media sosial atau website perusahaan. Display ads ini biasanya akan ditempatkan di website yang cocok dengan target audiens yang akan dicapai.
4. Mobile Advertising
Mobile advertising merupakan jenis iklan yang muncul dalam smartphone ataupun tablet, termasuk iklan melalui SMS dan juga banner ads dalam aplikasi. Iklan jenis ini akan sangat efektif dikarenakan pengguna sering menghabiskan waktunya hanya di perangkat mobile saja.
5. Social Media Advertising
Media sosial memiliki peran penting di iklan digital. Hal ini karena social media advertising adalah proses mempromosikan bisnis, produk, dan layanan melalui platform media sosial. Biasanya iklan menggunakan media sosial akan cenderung lebih efektif karena dapat meningkatkan engagement konsumen dan brand awareness.
6. Audio Advertising
Jenis iklan yang satu ini akan melibatkan penggunaan audio streaming agar mencapai target pendengar yang sesuai. Iklan ini akan ditempatkan di tengah-tengah podcast, contohnya seperti yang biasa kita dengar di Spotify. Salah satu keuntungan dari jenis iklan ini adalah pendengar akan mendengarkan iklan secara penuh sebelum bisa melewati iklan itu.
7. Video Advertising
Video advertising sendiri akan terfokuskan pada penggunaan video yang ditampilkan di platform video streaming. Biasanya, iklan ini akan muncul di awal, tengah, atau bahkan akhir konten video. Video advertising ini dapat populer karena dianggap lebih efektif dalam menarik konsumen.
8. Email Advertising
Pada email advertising, iklan dilakukan dengan cara mengirim melalui email dengan tujuan mencapai target iklan. Dalam email marketing, kamu harus memperhatikan elemen-elemen penting seperti subjek, pesan, dan juga panggilan aksi (call-to-action/CTA). Jenis iklan ini juga tergolong dengan iklan yang murah dan terjangkau loh.
Manfaat Digital Advertising
Di era digital seperti saat ini, pemasaran sangatlah penting dalam mengembangkan suatu bisnis. Salah satu cara untuk mengembangkan suatu bisnis adalah dengan melakukan promosi. Tahukah kamu sebenarnya banyak cara untuk melakukan promosi secara efektif loh. Salah satunya yaitu dengan menggunakan digital advertising. Digital advertising sendiri merupakan cara mempromosikan suatu produk atau layanan menggunakan media digital, seperti website, platform media sosial, aplikasi mobile, ataupun email. Jadi, saja apa sih manfaat dari digital advertising? Nah, berikut adalah manfaat dari digital advertising yang perlu kamu ketahui untuk menentukan strategi bisnis dengan tepat.
1. Lebih Efektif dan Efisien
Saat ini pemasaran digital memberikan efisiensi dan efektivitas yang jauh lebih tinggi saat kamu mempromosikan produk ataupun jasa. Disisi lain, kamu juga dapat menargetkan konsumen agar lebih spesifik dan menghemat biaya. Jadi, proses ini tentu akan lebih efektif dan efisien untuk meningkatkan jumlah pengguna produk atau jasa yang kamu tawarkan.
2. Meningkatkan Brand Awareness
Dalam digital advertising, kamu dapat menampilkan iklan produk atau jasa di berbagai platform digital yang nantinya akan digunakan oleh konsumen. Proses ini sudah pasti akan membantu kamu dalam meningkatkan brand awareness dari produk atau jasa yang akan ditawarkan. Selain itu kamu juga bisa menggunakan berbagai bentuk iklan seperti gambar, video, ataupun teks yang menarik perhatian calon konsumen. Dengan itu kamu akan terbantu dalam meningkatkan brand awareness dan membentuk persepsi positif untuk produk atau jasa kamu.
3. Lebih Mudah Dilacak dan Diukur
Pemasaran digital akan sangat memungkinkan kamu dalam melacak dan mengukur efektivitas marketing campaign dengan mudah dan akurat. Nantinya, kamu juga dapat melihat data statistik terkait dengan jumlah tayangan pada iklan, klik, konversi, dan bahkan dalam alur pengguna setelah melihat iklan tersebut. Statistik ini akan membantu kamu dalam mengevaluasi kinerja kampanye dan membuat perbaikan yang diperlukan.
4. Meningkatkan Konversi
Iklan digital juga dapat membantu dalam meningkatkan tingkat konversi pengguna dari prospek menjadi pelanggan nyata. Kamu dapat menggunakan teknik pemasaran digital seperti retargeting ataupun email marketing untuk menarik kembali seseorang yang sebelumnya telah minat pada produk atau jasa yang kamu tawarkan. Saat kamu memperluas dalam basis pengguna, sudah pasti kamu dapat meningkatkan penjualan dan mengoptimalkan ROI.
Kesimpulan
Digital advertising adalah bentuk pemasaran suatu produk atau jasa yang menggunakan teknologi digital. Sesuai namanya, promosi ini tentunya menggunakan internet dan perangkat mobile dalam mempromosikan suatu produk atau jasa. Digital advertising memiliki banyak jenis yang dapat digunakan oleh kamu loh. Kamu tinggal pilih saja mana yang cocok dengan sistem pemasaran kamu. Dengan digital advertising kamu juga akan mendapatkan banyak manfaat tentunya. Ingin belajar lebih lanjut dengan dunia digital marketing dan advertising? Klik di sini dan tanyakan semua pertanyaan yang ingin kamu ketahui! Belajar pemasaran digital bersama wivi digital kawan jalan online kita semua!