digital marketing online wividigital.co.id seviwividigital

Digital Marketing Online

Siapa sih yang tidak merasakan dampak positif dari perkembangan teknologi seperti saat ini? Tidak hanya keuntungan untuk perorangan tetapi teknologi saat ini sangat menguntungkan untuk suatu bisnis dalam bidang pemasaran. 

Sebab, saat ini marketing atau pemasaran dapat dilakukan secara digital. Jadi, sekarang banyak perusahaan yang menggunakan digital marketing dalam bisnisnya. Dalam menerapkan digital marketing dengan baik dan benar agar bisnis kamu lebih maju, kamu harus mengetahui dulu tentang apa itu digital marketing. Untuk itu, yuk belajar bersama dan simak artikel ini sampai habis!

Apa Bedanya Digital Marketing Dengan Online Marketing?

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan digital marketing? Serta apa perbedaan dari digital marketing dan online marketing? Jadi, digital marketing adalah aktivitas pemasaran yang dilakukan lewat media sosial dengan menggunakan jaringan internet  untuk mempromosikan suatu barang atau jasa. Yaps sesuai dengan pengertiannya, tujuan dilakukannya digital marketing adalah agar dapat memperluas jangkauan konsumen dari bisnis kamu.

Sedangkan online marketing adalah bagian dari digital marketing, atau dapat dikatakan jika online marketing berada di bawah digital marketing. Untuk perbedaan diantara keduanya adalah, teknik online marketing mengharuskan menggunakan jaringan internet dalam melaksakanan tugas pemasaran bagi penggunanya. 

Seiring majunya teknologi saat ini, teknik online marketing juga harus ikut berkembang pesat. Jadi, bagian marketing harus fokus dalam mengikuti arus perkembangan teknologi yang terus update. 

Dengan mengetahui perbedaan dari keduanya, kamu akan terbantu saat menuntukan strategi dan jenis marketing apa yang akan digunakan untuk bisnismu.

Strategi Digital Marketing

strategi digital marketing

Digital marketing adalah cara baru untuk menjangkau konsumen menggunakan perangkat digital dan internet. Dengan digital marketing, suatu perusahaan akan menggunakan beragam tools digital baik secara fisik ataupun non-fisik. 

Mungkin, kamu akan bertanya kenapa harus menggunakan digital marketing? Sudah pasti jawabannya adalah untuk mendapat keuntungan yang maksimal. Hal ini karena, digital marketing akan lebih menghemat biaya secara keseluruhan, dan pastinya akan mendapatkan keuntungan yang lebih dari itu. Jangan lupakan juga, dengan digital marketing pemasaran yang kamu lakukan akan memperluas jangkauan pasarnya. Untuk itu kita memerlukan adanya strategi dalam pelaksanaannya. Berikut strategi dari digital marketing:

1. Website

Dengan adanya website akan sangat bermanfaat untuk bisnis kamu. Selain untuk menampilkan identitas perusahaan website juga akan menjadi tanda profesionalitas dari bisnis kamu loh. Saat kamu akan membangun website, kamu harus membeli domain dan juga hosting agar lebih menonjolkan profesionalitas websitemu. Kamu juga akan terdaftar dengan nama domain.com atau .co.id. 

2. Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization diterapkan untuk membuat website bisnis kamu akan muncul di halaman pertama pada pencarian google. Dalam Search Engine Optimization ada juga teknik dan strategi yang bisa diterapkan seperti riset keyword, pembuatan konten menarik, link building, dan masih banyak lagi.

3. Email Marketing

Membuat email bisnis sendiri tentu akan menjadikan bisnis kamu terlihat lebih profesional. Lewat email marketing, kamu akan mengumpulkan database email milik calon pembeli ataupun pelanggan yang sudah ada di website yang dimiliki. Selain itu, kamu juga dapat memberikan pesan promosi lewat email untuk target konsumenmu, pelanggan setia konten atau subscription melalui website bisnis milik kamu.

4. Copywriting

Pasti kamu mau kan memiliki bisnis yang maju? Untuk mendongkrak digital marketing pada bisnis, kamu bisa menerapkan copywriting di dalamnya. Copywriting ini bertujuan untuk menarik pelanggan agar tertarik dengan produk atau jasa pada bisnis kamu loh.

5. Social Media Marketing

Kamu tahu tidak, jika saat ini banyak pebisnis yang menerapkan strategi social media marketing? Dilansir dari Hootsuite (We Are Digital): Indonesian Digital Report 2023, hal ini dapat terjadi karena pengguna aktif media sosial di Indonesia mencapai 167 juta dari 276,4 juta pupolasi jiwa yang ada atau mencapai 60,4% dari total populasi. Inilah yang menjadi alasan mengapa banyak pebisnis yang menerapkan strategi social media marketing.

6. Content Marketing

Kenapa sih harus dengan konten marketing? Karena dengan semakin kamu membuat banyak konten, maka akan semakin besar pula dengan meningkatnya traffic bisnis kamu. konten tersebut biasa berbentuk gambar, video, artikel, dan yang lain.

7. Online Advertising

Apa itu online advertising? Yaps, online advertising adalah salah satu strategi turunan dari digital marketing yang biasanya membuat promosi melalui internet yang berbayar. Walaupun strategi ini membutuhkan biaya yang terbilang banyak, tetapi masih tetap diterapkan oleh banyak perusahaan. Hal ini bertujuan untuk menyebarkan awareness terhadap brand atau produk yang kamu miliki.

8. Influencer Marketing

Di era digital seperti saat ini salah satu strategi yang cocok digunakan untuk perusahaan kamu adalah influencer marketing. Hal ini terjadi karena influencer memiliki banyak pengaruh yang besar untuk menyebarkan awareness pada audiens melalui konten yang telah dibuat di media sosial. Karena strategi ini juga dinilai bisa mempercepat dalam pertumbuhan suatu perusahaan.

Cara Memulai Digital Marketing

Cara Memulai Digital Marketing

Bagaimana sih cara menjadi digital marketing? Sebelum menjalankan strategi digital marketing yang sudah kamu pilih, kamu bisa mengikuti langkah-langkah untuk memulai digital marketing dibawah ini:

1. Menentukan Target Pasar

Untuk memulai digital marketing hal pertama kali yang harus kamu lakukan adalah, pilih target pasar yang cocok. Ketahui dan kenali target pasar yang tepat, lalu pelajari apakah produk yang akan kamu buat agar menjadi solusi untuk mereka.

2. Memilih Produk yang Terbaik

Langkah kedua dalam mempelajari digital marketing pemula adalah, pilih produk yang akan ditawarkan. Pikirkan apakah produk kamu menjadi solusi yang terbaik atau belum? Jadi, pastikan agar produk yang akan kamu perkenalkan dapat menjawab permasalahan untuk calon konsumen.

3. Membangun Website

Setelah mendapatkan produk dan target pasar yang tepat, kamu harus segera membuat website. Walaupun marketplace merupakan pilihan yang bagus untuk bisnis, akan tetapi  situs itu tetap bukan milikmu sendiri. Jadi, alangkah baiknya kamu bisa bangun website milikmu sendiri.

4. Membangun Media Sosial

Setelah membuat website, kamu perlu membangun sebuah media social untuk sarana promosi nantinya. Media social yang digunakan diantaranya, Instagram, Twitter, Facebook, dan yang lain. Pilih yang menurutmu paling tepat dengan target pasar bisnis kamu.

5. Menerapkan SEO, SEM, dan Social Media Ads

Terapkan juga SEO, SEM, dan Social Media Ads. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan jangkauan digital marketing. SEO sendiri bermanfaat untuk menampilkan website kamu di laman pertama pencarian Google. Sedangkan SEM dan Social media ads merupakan layanan berbayar agar bisnis kamu cepat untuk dikenal.

Kesimpulan

Digital marketing adalah penggunaan teknologi untuk pemasaran. Hal ini nantinya akan membentuk koneksi diantara konsumen dan media sosial yang akan menghasilkan keuntungan dimasing-masing pihak. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, untuk strategi digital marketing banyak sekali yang bisa kamu terapkan dalam bisnismu.

Kamu bahkan  bisa belajar digital marketing secara otodidak atau agar lebih menguasai materi dan penerapan strateginya, kamu juga bisa mengikuti kursus online loh. Cari tempat belajar yang tepat untuk menguasai digital marketing? Wivi digital solusinya! Yakin tidak tertarik? Yuk gabung sekarang juga bersama Wivi Digital!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top