digital marketing, belajar apa?

Belajar Digital Marketing, Ada Apa Aja?

Ingin berkarir di bidang digital marketing tapi belum ada basic? Atau, ingin belajar digital marketing tapi bingung, harus belajar apa saja? Kalau gitu, kamu perlu membaca artikel ini hingga akhir untuk mendapatkan insight tentang belajar digital marketing yang efektif.

Konsep dan Materi Digital Marketing

mengelola atau mengoptimasi media sosial

Sebelum memulai perjalanan belajar apa aja tentang digital marketing atau pemasaran digital, pahami dulu konsep dasarnya. Digital marketing memiliki banyak manfaat yang dapat membantu bisnis dan organisasi mencapai tujuan. Sederhananya, digital marketing sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan penjualan, atau konversi.

Melalui digital marketing, kamu dapat meningkatkan visibilitas produk, menjangkau audiens yang lebih luas, meningkatkan interaksi dan keterlibatan dengan pelanggan, mengoptimalkan konversi, meningkatkan penjualan, dan mengukur efektivitas campaign iklan dengan lebih akurat. Manfaat-manfaat ini menjadikan digital marketing sebagai investasi atau strategi yang digunakan dalam dunia bisnis saat ini.

Digital marketing melibatkan penggunaan berbagai platform digital seperti website, media sosial, email, dan mesin pencari untuk mempromosikan produk atau layanan. Dalam konteks ini, kamu perlu memahami elemen-elemen dasar seperti SEO (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing), konten pemasaran, media sosial, analitik website, dan lainnya.

SEO

SEO melibatkan serangkaian teknik dan strategi untuk meningkatkan peringkat website di hasil pencarian organik dari search engine. Sebagai contoh, jika kamu mempunyai usaha dalam bidang aqiqah, tentunya kamu ingin website kamu berada di nomor satu pencarian google di kata kunci tertentu, misalnya ‘jasa aqiqah murah di Cilacap’.

Agar website kamu berada di peringkat teratas, kamu perlu melakukan optimasi SEO untuk website tersebut. Untuk mempelajarinya, belajar tentang optimasi kata kunci, meta tag, backlink, dan faktor-faktor lain yang mempengaruhi peringkat website akan membantu kamu memahami cara mendapatkan lalu lintas organik atau trafik yang lebih tinggi dan meningkatkan pengunjung.

Konten Pemasaran

Konten pemasaran adalah seni membuat dan mendistribusikan konten yang relevan, berharga, dan menarik bagi target audiens. Belajar tentang strategi pembuatan konten yang efektif, termasuk penggunaan kata kunci, narasi cerita, visual yang menarik, dan penyesuaian dengan platform media sosial yang berbeda akan membantumu membangun koneksi yang kuat dengan audiens.

Mengelola Media Sosial

Platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn memiliki peran yang sangat penting dalam strategi digital marketing. Belajar tentang cara membangun dan mengelola brand di media sosial, cara menargetkan audiens yang tepat, dan cara mengukur efektivitas campaign media sosial akan membantumu meningkatkan keterlibatan dan brand awareness.

Analitik Website

Salah satu keuntungan besar dari digital marketing adalah kemampuan untuk mengukur dan menganalisis hasil campaign yang sedang berjalan. Dengan menggunakan alat analitik web seperti Google Analytics, kamu dapat melacak trafik website, sumber trafik, tingkat konversi, dan berbagai metrik lainnya. Belajar tentang cara mengumpulkan dan menganalisis data, akan membantumu memahami insight baru untuk meningkatkan strategi pemasaran kamu.

Strategi Email Marketing

Email marketing tetap menjadi salah satu metode pemasaran digital yang paling efektif. Belajar tentang bagaimana membangun daftar langganan yang relevan, membuat konten email yang menarik, dan menggunakan alat otomatisasi email akan membantumu membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan dan menghasilkan konversi.

Paid Advertising

Selain upaya menguasai pencarian organik, paid advertising atau iklan berbayar juga merupakan bagian penting dari strategi digital marketing. Belajar tentang platform iklan seperti Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, dan Tiktok Ads akan membantumu memahami cara mengoptimalkan pengeluaran iklan, menargetkan audiens yang tepat, dan mengukur hasil campaign iklan dengan baik.

Mobile Marketing

Dalam era yang didominasi oleh perangkat seluler, mobile marketing menjadi sangat penting. Belajar tentang responsif web design, pengoptimalan situs web untuk perangkat seluler, dan penggunaan aplikasi mobile akan membantumu menjangkau konsumen dimanapun mereka berada dan meningkatkan visibilitas website di platform mobile.

Social Proof dan Reputasi Online

Ketika membeli suatu barang atau jasa, calon customer akan melihat dulu testimoni dari pelanggan lain. Apakah produk ini worth it untuk dibeli, dan review pengguna ketika memakainya. Belajar tentang manfaat testimonial, ulasan pelanggan, dan pengelolaan reputasi online akan membantumu membangun sosial proof yang kuat, meningkatkan kepercayaan konsumen, dan membedakan merek kamu dari pesaing.

E-commerce dan Strategi Penjualan Online

Tidak ada salahnya untuk menawarkan produk kamu di e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan sebagainya. Jika kamu memiliki bisnis e-commerce atau berencana untuk menjual produk atau layanan secara online, belajar tentang strategi penjualan online merupakan hal yang penting. Pelajari tentang optimasi halaman produk, pengoptimalan keranjang belanja, strategi harga, dan pengiriman produk yang efisien untuk menarik minat calon customer kamu.

Analisis dan Pengambilan Keputusan Berbasis Data

Dalam digital marketing, pengambilan keputusan yang baik berdasarkan pada data. Belajar tentang cara mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data akan membantumu membuat keputusan yang lebih baik untuk strategi pemasarannya. Pelajari alat analitik, teknik pengujian A/B, dan metode analisis data lainnya untuk meningkatkan efektivitas campaign.

Ikuti Perkembangan atau Tren Terbaru

Dunia digital yang terus berkembang dan berubah seiring perkembangan teknologi dan tren konsumen. Oleh karena itu, terus belajar dan mengikuti perkembangan terbaru dalam industri ini. Kamu bisa mengikuti, kursus online, webinar, forum komunitas, atau aktif bersosial media akan membantumu tetap up-to-date dengan tren terkini dan meningkatkan keterampilan secara terus menerus.

Cara Belajar Digital Marketing

mengikuti kelas offline belajar digital marketing

Apa yang bakal dipelajari tentang digital marketing, udah dapet nih. Terus, belajarnya mulai dari mana ya? Kalau kamu bingung, gimana cara belajarnya, kamu bisa memilih cara belajar berikut ini, yang cocok untuk kamu.

1. Membaca Buku dan Materi Referensi

Belajar digital marketing secara otodidak, bisa kamu lakukan dengan membaca buku atau mencari referensi dengan bidang yang sama. Ada banyak buku dan materi referensi yang tersedia tentang digital marketing. Membaca buku-buku tersebut dapat memberikan wawasan yang mendalam tentang konsep dan strategi digital marketing. Periksa daftar buku terkini dan ulasan yang relevan sebelum memilih bacaan yang tepat untuk kamu.

2. Mengikuti Webinar

Webinar merupakan salah sumber informasi untuk mempelajari tren terbaru, praktik terbaik, dan wawasan industri dalam digital marketing dari praktisinya langsung. Join webinar yang diselenggarakan oleh ahli digital marketing atau organisasi terkait untuk mendapatkan pengetahuan terbaru.

3. Bergabung dengan Komunitas

Terdapat komunitas online seperti forum diskusi, grup Facebook, dan LinkedIn yang fokus pada digital marketing. Bergabunglah dengan komunitas ini untuk berdiskusi, bertukar ide, dan belajar dari praktisi digital marketing lainnya. Kamu juga dapat mengajukan pertanyaan dan mendapatkan umpan balik dari anggota komunitas yang berpengalaman.

4. Mengikuti Podcast dan Channel YouTube

Podcast dan channel YouTube tentang digital marketing menawarkan berbagai konten informatif, wawancara ahli, dan studi kasus. Dengan mendengarkan podcast dan menonton video di channel ini, kamu  dapat memperluas pengetahuan tentang digital marketing dan mendapatkan tips praktis dari para pakar.

5. Praktik Langsung dan Mengerjakan Proyek Pribadi

Terapkan pengetahuan yang kamu pelajari dengan membuat proyek pribadi dalam digital marketing. Misalnya, buat situs web atau blog pribadi, kelola media sosial untuk merek punyamu sendiri, atau jalankan kampanye pemasaran kecil. Dengan praktik langsung, kamu akan mendapatkan pengalaman berharga dan memahami aspek praktis dari digital marketing.

6. Berguru kepada Mentor atau Konsultan

Cari mentor atau konsultan digital marketing yang berpengalaman yang dapat membimbing dan memberikan saran yang relevan. Dengan memperoleh wawasan langsung dari seseorang yang telah berhasil dalam industri ini, kamu dapat belajar dari pengalaman mereka dan menambah insight baru.

7. Ikut Kelas Online 

Kalau kamu tipe pembelajar yang butuh dibimbing dan ada arahan, ikut kelas bisa membantumu mempelajarinya dengan sistematis dan terstruktur. Ada berbagai platform pembelajaran online yang menawarkan kelas digital marketing, mulai dari yang gratis hingga berbayar. 

Kelas online ini biasanya dilengkapi dengan materi, tugas, dan diskusi yang membantumu memahami konsep digital marketing secara mendalam. Sebagai contoh, kamu bisa ambil kelas ‘jurusan’ digital marketing di Revou, Myskill, Coding Studio, Coursera, dan lain sebagainya. Selain mendapatkan ilmu, kamu juga dapat portofolio melalui tugas yang dikerjakan.

8. Ikut Kelas Offline

Selain kelas online, ada juga kelas offline untuk menemanimu belajar digital marketing. Dengan pertemuan tatap muka dan komunikasi yang lebih interaktif sehingga kamu bisa mengikutinya dengan lebih mudah. Selain itu, kamu bisa menambah teman di bidang yang sama sehingga memacu kamu untuk lebih giat dan menyelesaikan kelas dengan baik.

Tertarik untuk ikut kelas offline? Kamu bisa mengikuti kelas di Wivi Training Center. Disini, kamu tidak hanya mendapatkan materi, namun kamu juga bisa mendapat portofolio dari tugas atau project yang kamu kerjakan.

Kesimpulan

Setelah mengetahui belajar apa saja untuk menunjang karir di bidang digital marketing, maka selanjutnya tentukan ‘rute’ yang kamu pilih. Pilih cara atau jalan yang sesuai dengan karakteristik belajarmu, dan mulailah sekarang. 

Kalau kamu lebih nyaman belajar mandiri dan otodidak, kamu bisa mencari referensi baik melalui membaca, menonton tutorial, ataupun mempraktekkannya sendiri. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti komunitas digital marketing dan berkomunikasi langsung dengan praktisi di bidangnya. Tapi, jika kamu memerlukan arahan untuk mempelajarinya, mengikuti kelas online atau offline juga pilihan yang tepat.

Dengan mempelajari digital marketing, kamu dapat menentukan strategi digital marketing yang efektif untuk menunjang penjualan atau meniti karir di bidang tersebut. Kalau kamu tertarik belajar digital marketing yang lebih efektif dan terstruktur, hubungi kami disini untuk informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top