Belajar Internet Marketing Pemula Gratis

Belajar Internet Marketing Untuk Pemula Gratis dan Efisien

Apakah kamu sedang mencari cara terbaik untuk belajar pemasaran digital gratis dan hanya dari rumah?

Maka dalam artikel ini, kamu akan menemukan semua informasi berguna mengenai belajar internet marketing pemula. Menjadi pemasar digital yang sukses, kamu perlu mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk bekerja dengan semua teknologi pemasaran online saat ini.

Kamu juga perlu memperoleh pengetahuan mengenai strategi periklanan dan komersial, agar dapat digunakan bersama teknologi pemasaran online untuk mencapai hasil terbaik. Pemasaran digital memang membutuhkan banyak kesabaran dan ketekunan, tapi kabar baiknya adalah kamu tidak harus menghadiri kuliah atau kursus kelas tertentu untuk menjadi ahli dalam pemasaran digital.

 

Pengertian Internet Marketing?

Sebelum belajar lebih jauh tentang strategi atau trik yang harus digunakan, mari kita pahami lebih dulu apa itu internet marketing. Internet marketing atau dikenal juga dengan pemasaran digital adalah seperangkat teknik pemasaran yang didasarkan pada media digital, baik dalam bentuk tulisan, gambar, maupun video.

 

Kelebihan Internet Marketing?

Bisnis yang menggunakan internet marketing memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut:

Cakupan Global yang Mudah

Saat ini, orang-orang memiliki kebiasaan mencari informasi tentang produk dan layanan melalui mesin pencari seperti Google, Bing, dan lainnya. Internet marketing adalah cara mudah menunjukkan penawaran kamu kepada lebih dari 4,5 miliar pengguna internet di seluruh dunia. Sederhananya, kamu dapat dengan mudah menargetkan seluruh orang di dunia melalui Internet.

Terjangkau untuk Semua Anggaran

Internet marketing terbukti lebih murah daripada metode periklanan tradisional (televisi, radio atau pers). Sehingga perusahaan mana pun, mulai dari bisnis keluarga kecil hingga perusahaan besar dapat memanfaatkan iklan online sesuai dengan anggaran yang ada.

Lebih Sering Dilihat

Media pemasaran tradisional hanya akan dilihat ketika para audien menonton TV, mendengarkan radio, atau membaca koran, tergantung di mana kamu mengiklankannya. Sedangkan pemasaran digital akan lebih sering dilihat karena hampir semua orang menggunakan internet kapan saja dan di mana saja. Baik itu untuk membuka jejaring sosial ataupun melakukan pencarian dengan mesin pencari seperti Google.

 

Langkah-Langkah Internet Marketing Pemula

Sebelum memulai pemasaran di internet, ada baiknya kamu melakukan beberapa langkah berikut agar kampanye produk atau bisnis kamu membuahkan hasil yang maksimal.

Riset Produk

Melakukan riset pasar akan memberitahu kamu tentang produk apa yang sedang dicari oleh banyak konsumen di seluruh dunia. Jika kamu menjual produk yang sedang dibutuhkan oleh banyak orang, tentu saja kemungkinan produk akan kamu laris lebih besar.

Cara termudah untuk melakukan riset adalah dengan melihat di marketplace. Carilah produk best seller apa saja yang ada di marketplace besar Indonesia saat ini. Atau, bisa juga dengan menggunakan Google Trends. Cukup buka Google Trends dan masukkan kata kunci produk pada kotak pencarian. Misalnya, jika kamu ingin berjualan tas wanita, maka masukkan kata kunci “tas wanita” dan tekan enter.

Selanjutnya kamu akan melihat grafik dari hasil kata kunci “tas wanita”. Jika grafik menunjukkan hasil yang stabil, berarti produk tersebut mengalami penjualan yang stabil setiap bulannya. Tapi jika grafiknya menurun, akan lebih baik untuk kamu menjual produk lainnya.

Riset Persaingan

Setelah memutuskan produk apa yang akan dijual, lakukan riset persaingan untuk mengetahui siapa saja dan/atau seberapa banyak pesaing yang akan kamu hadapi nanti. Dengan riset persaingan, kamu tidak hanya bisa mempelajari praktik terbaik dari pesaing, tapi juga bisa belajar untuk menghindari kesalahan yang mereka buat. Manfaat lainnya termasuk:

Menargetkan pelanggan dengan lebih baik
Meramalkan potensi pasar
Mencari tahu jenis dan strategi pemasaran terbaik
Mengetahui harga pesaing
Menargetkan lokasi penjualan terbaik
Strategi Internet Marketing
Memiliki strategi pemasaran digital telah menjadi kebutuhan daripada pilihan bagi perusahaan. Sebuah strategi dapat membantu pemilik bisnis memiliki lebih banyak komunikasi langsung dengan pengguna, meningkatkan segmentasi, mengukur hasil, dan mendapatkan optimasi konstan. Berikut adalah beberapa strategi dasar dalam internet marketing:

Menggunakan Jejaring Sosial

Jejaring sosial telah menjadi alat yang sangat penting untuk menghasilkan kontak yang efektif dengan audien. Seperti yang Anda tahu, platform ini tidak berhenti tumbuh dan disukai oleh hampir seluruh penduduk bumi. Selain itu, jejaring sosial telah berhasil beradaptasi dengan perubahan jaman, tuntutan pengguna, dan kebiasaan konsumen, sehingga dijamin selalu update.

Ada banyak jejaring sosial yang bisa kamu pilih, seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram, dll. Sangat penting bagi kamu untuk mengenal audiens target dengan baik, sehingga kamu dapat menjangkau audiens di situs jejaring sosial yang paling sering mereka kunjungi. Misalnya, jika target kamu terdiri dari kaum muda yang berusia sekitar 14-30 tahun, maka Instagram adalah pilihan terbaik.

Bekerja sama dengan Influencer

Strategi ini sangat cocok untuk mencapai tujuan branding. Suatu merek yang bekerja sama dengan influencer akan lebih diingat oleh audien, terutama jika pengikut influencer tersebut. Kamu bisa membuat giveaway lewat akun medsos influence, menawarkan produk kamu untuk dicoba dan diiklankan oleh sang influencer, atau mengundang influencer untuk datang langsung ke tempat kamu dan mengiklankan produk.

Website Marketing

Selain jejaring sosial, website marketing merupakan cara yang hemat biaya dan efektif untuk menjangkau pelanggan. Kamu bisa mulai belajar membuat website produk sendiri atau bekerja sama dengan web designer.

Website marketing adalah tentang menarik perhatian orang, jadi, buat web kamu ekspresif dan relevan. Berikan warna-warna cerah dan tajuk berita besar, tapi hindari menggunakan semua huruf besar. Berikan tampilan web sederhana dan user friendly.

Iklan Bayar per Klik (PPC)

Jika Kamu pernah melihat iklan yang muncul di samping hasil pencarian Google atau mesin pencari lainnya, itulah yang disebut dengan Pay-Per-Click Advertising (PPC) atau iklan bayar per klik. PPC adalah model iklan online di mana kamu hanya akan membayar iklan setiap kali audien mengklik salah satu iklan tersebut.

SEO Marketing

Search Engine Optimization (SEO) adalah proses meningkatkan peringkat suatu produk atau bisnis di hasil pencarian Google. Jika produk atau bisnis kamu berada di halaman pertama Google atau bahkan di urutan atas, tentu saja audien akan lebih cepat mengenal bisnis kamu. Caranya adalah dengan menggunakan kunci yang tepat untuk mengkampanyekan bisnis atau produk kamu.

Cara agar bisa mengoptimalkan peringkat, ada 3 komponen utama yang perlu kamu lakukan, yaitu riset keyword, on-page dan off-page optimization. Apakah yang kamu gunakan adalah website, blog, atau jejaring sosial, belajar tentang SEO lebih lanjut perlu kamu lakukan.

Istilah internet marketing memang menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir. Tapi lebih dari sekedar “trend”, ini adalah alat utama untuk pertumbuhan dan kesuksesan merek di zaman serba modern seperti sekarang ini.

Bagi kamu yang baru memulai bisnis atau ingin memperkenalkan brand yang sudah ada, panduan internet marketing pemula di atas bisa banget nih untuk dicoba.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top