digital marketing yaitu wividigital

Digital Marketing Yaitu?

Di era seperti saat ini, digital marketing atau pemasaran digital menjadi salah satu tren strategi atau upaya dalam pemasaran di dunia bisnis. Dengan begitu banyaknya media sosial dan akses internet di sekitar kita, pemasaran digital menjadi strategi yang paling efektif. Selain lebih hemat, dengan pemasaran digital juga akan lebih memudahkan pemasaran dalam jangkauan pangsa pasar yang lebih luas.Yuk simak penjelasan berikut ini!

Apa Itu Digital Marketing Contohnya?

Apa itu Digital Marketing Contohnya

Jelaskan apa yang dimaksud dengan digital marketing? Digital marketing yaitu strategi pemasaran atau promosi brand, produk, dan jasa yang dilakukan menggunakan internet dan media sosial. Saat ini banyak perusahaan yang menggunakan digital marketing untuk strategi bisnisnya. Hal ini terjadi karena pemasaran digital telah berkembang pesat sesuai dengan kemajuan zaman.

Menurut para ahli, digital marketing merupakan penggunaan teknologi digital dan perangkat yang didukung menggunakan internet untuk pencapaian target pemasarannya. Jadi, ini sama hal nya jika pemasaran tradisional menggunakan media cetak untuk pemasarannya, lain lagi dengan digital. Pemasaran digital lebih banyak menggunakan media sosial dan internet sebagai sarana pemasarannya. Berikut beberapa contoh digital marketing:

1. Website dan Search Engine Optimization (SEO)

Saat ini, saat seorang pelanggan menginginkan sesuatu mereka akan mencarinya secara daring untuk langkah awalnya. Oleh karena itu, kebutuhan utama bagi pemilik bisnis adalah memiliki sebuah website. Website sendiri akan membutuhkan SEO yang tepat untuk optimasinya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan peringkat dalam pencarian organik di mesin pencari.

2. Search Engine Marketing (SEM)

SEM meningkatkan visibilitas dan lalu lintas menggunakan iklan berbayar seperti Google Ads dalam mesin pencari.

3. Social Media Marketing

Media sosial menjadi sarana untuk membangun merek, berinteraksi dengan audiens, serta mempromosikan layanan atau produk. Pemasaran media sosial dapat menjadi alat yang sangat efektif. Hal ini terjadi karena, sosial media marketing dapat menjangkau berbagai kalangan usia dan latar belakangnya.

4. Content Marketing

Content marketing bertujuan untuk membuat dan membagikan konten yang menarik untuk mengundang perhatian audiens. Konten ini berupa video, artikel, infografis, buku elektronik, dan jenis konten lain yang dapat memberikan nilai manfaat untuk penggunanya.

5. Influencer Marketing

Influencer marketing menjadi tren baru di kalangan pebisnis menengah atas untuk meningkatkan citra dan penjualanya. Jadi, influencer marketing menggabungkan antara pemasaran tradisional dengan digital. Seorang influencer mendapatkan pengaruh ketenarannya dari konten-konten yang telah mereka buat di media sosial.

Digital Marketing Kerjanya Apa?

Apa itu digital marketing dan tugasnya? Digital marketing berupa apa saja? Seperti yang sudah dijelaskan di atas, intinya digital marketing yaitu salah satu kegiatan pemasaran yang dilakukan menggunakan media digital untuk menjangkau lebih luas target pasar. Berikut jenis dan tugas dari digital marketing:

1. SEO Specialist

Seorang SEO specialist memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan visibilitas website atau produk dalam hasil pencarian di mesin pencari, seperti Google. Pekerjaan ini mencakup riset kata kunci, menganalisis pesaing, dan juga menerapkan strategi SEO untuk meningkatkan peringkat dalam pencarian.

2. Social Media Manager

Seorang social media manager bertanggung jawab untuk mengelola akun media sosial suatu bisnis atau perusahaan. Tugasnya meliputi pembuatan konten yang menarik, membangun pengikut, dan juga memonitor aktivitas media sosial.

3. PPC Specialist

PPC specialist memiliki tanggung jawab dalam membuat dan juga mengelola kampanye iklan berbayar. Pekerjaan ini mencakup riset kata kunci, menulis iklan, memilih platform iklan, dan juga mengelola anggaran iklan.

4. Content Marketer

Seorang content marketer bertanggung jawab dalam pembuatan konten yang menarik seperti artikel, video, ataupun infografis. Pekerjaan ini mencakup riset topik, menulis konten, dan juga promosi konten melalui berbagai saluran media.

5. Email Marketer

Email marketer bertanggung jawab dalam pembuatan dan pengiriman email marketing untuk suatu bisnis atau perusahaan. Tugasnya meliputi penulisan email, pembuatan daftar penerima email, dan menganalisis data email.

Manfaat dan Tujuan Digital Marketing

Manfaat dan Tujuan Digital Marketing

Pemasaran digital yaitu bagian dari pemasaran yang memanfaatkan internet dan teknologi digital untuk memasarkan produk atau jasa. Digital marketing memiliki banyak manfaat dan tentunya sangat berguna untuk pengembangan bisnis kamu. Berikut manfaat dari pemasaran digital :

1. Hemat Biaya

Saat akan memulai bisnis, kamu bisa membuat akun media sosial atau blog gratisan untuk mempromosikan bisnisnya. Hanya dengan koneksi internet dan perangkat, kamu sudah bisa melakukan pemasaran. Memulai bisnis pun akan lebih hemat tanpa khawatir untuk memikirkan membeli perlengkapan fisik.

2. Jangkauan Pasar Luas

Dengan menggunakan pemasaran digital, jangkauan promosi akan semakin luas dan, semakin banyak calon konsumen yang dapat kamu jaring. Hal ini terjadi karena ponsel, akun media sosial dan internet hampir tidak terpisahkan dari aktifitas sehari-hari. Dengan adanya pemasaran digital, kamu dapat langsung menjangkau ratusan atau bahkan ribuan orang dalam seharinya.

3. Mudah Beradaptasi dengan Tren Baru

Sejak dunia digital masuk dalam kehidupan kita, masyarakat semakin mudah untuk mengikuti beragam tren. Jadi, semua ini menjadi peluang besar untuk kamu dalam  mempromosikan barang atau jasa dan menjangkau calon konsumen yang gemar mengikuti tren digital.

4. Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Manfaat digital marketing ternyata bukan hanya untuk menarik konsumen baru, tetapi juga menjaga loyalitas konsumen lama. Media digital sangat cocok untuk memasarkan bisnis dengan cara menarik minat konsumen dan menciptakan emosi positif setiap kali mereka membayangkan produkmu. Tidak hanya itu, kamu juga dapat membagikan penawaran spesial yang hanya tersedia untuk pelanggan setia yang rajin berinteraksi di akun medsos bisnis. 

5. Meningkatkan Reputasi Brand

Dengan semakin banyaknya pengguna Internet dan platform online, kamu bisa meningkatkan reputasi brand melalui pemasaran digital. Sebagian besar dari pembeli akan mencari produk atau layanan dari Internet, sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi. Jadi, dengan menggunakan strategi digital marketing bisnis yang kamu pegang akan mudah untuk ditemukan oleh calon pelanggan. Dengan itu, mereka akan merasa yakin dengan merek kamu.

6. Memudahkan Pengumpulan Data dan Evaluasi Strategi

Setiap bisnis yang baik akan memiliki data dan hasil laporan sebagai bahan evaluasi perkembangannya. Pemasaran digital akan memudahkan dalam pengumpulan data secara otomatis. Hal ini dapat terjadi karena alat pemasaran seperti akun medsos dan juga situs bisnis memiliki sistem pencatatan data dan juga laporan (analytic). 

Kesimpulan

Di tengah kuatnya persaingan produk sejenis yang dipasarkan dalam dunia maya saat ini, sangat penting untuk memahami karakteristik produk atau jasa serta mengetahui strategi yang tepat untuk mengenalkan dan mempromosikannya. Ketika brand sudah mengoptimalkan strategi konten dan memilih media yang sesuai, hal ini akan mendukung tercapainya tujuan digital marketing. 

Pembahasan digital marketing di atas sangat menarik bukan? Kamu ingin tau lebih dalam dunia digital marketing atau mau mulai membangun bisnis digital marketing? Yuk bergabung dengan Wivi Digital sekarang, dan tanyakan apa saja yang kamu ingin tahu!

Scroll to Top